Jumat, 27 Agustus 2010

Habib Ahmad Bin Abdullah Bin Thalib Alatas

Sosok Habib Ahmad, demikian masyarakat Pekalongan dan sekitarnya memanggilnya adalah figur seorang ulama yang menjadi panutan ummat Islam khususnya di kawasan pesisir utara Pulau Jawa. Pasalnya, kealiman beliau sangat terkenal dan menjadi pusat rujukan setiap problem agama khususnya yang berkaitan dengan masalah hukum Islam.
Kendati demikian, beliau tidak dapat menotolerir (memaafkan) setiap pelanggaran terhadap hukum-hukum Allah atau melihat orang yang meremehkan soal agama. Walaupun beliau seorang ulama terpandang dan berkedudukan tinggi, mengajak orang berbuat baik dan mengajak meninggalkan perbuatan yang buruk dan jahat adalah merupakan ciri khas dan naluri pribadi ulama yang dikenal sangat bersahaja ini.

Lahir di Kota Hajren Yaman tahun 1255 Hijriyah atau tahun 1836 Masehi, Habib Ahmad mendapat didikan langsung dari kedua orang tuanya Assayyid Abdullah Bin Thalib Alatas dan Assyarifah Zaenah Binti Ahmad AlKaf dalam bidang agama. Setelah menguasai pembacaan Al Qur’an dan pengetahuan agama yang cukup, Habib Ahmad meneruskan belajarnya di tanah suci Makkah sekaligus untuk menunaikan ibadah haji dan ziarah ke makam Rasulullah.
Beberapa guru beliau kunjungi untuk diserap ilmunya. Diantara guru yang didatangi dan paling berpengaruh ialah Syekh Imam Assayyid Ahmad Zaini Dahlan seorang alim yang memiliki banyak murid dan santri, khususnya dari Indonesia antara lain yang pernah menjadi santrinya ialah KH. Kholil Bangkalan dan KH. Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama. Jika dirunut, Habib Ahmad masih ada darah keturunan dari Rasulullah Muhammad SAW yang ke 39.Sebelum Habib Ahmad kembali ke tanah kelahirannya di Hajren Yaman, Habib Ahmad mendapat kepercayaan dari gurunya untuk mengajar di Makkah. Kepiawaian beliau dalam berda’wah danmengajar membuat masyarakat sekeras dan sekasar apapun menjadi lunak dan lembut. Ternyata Habib Ahmad adalah sosok figur yang pandai membaca dan menyelami keadaan masyarakat dimana beliau berkiprah. Setelah bertahun-tahun belajar dan mengajar di Makkah, kemudian Habib Ahmad berniat kembali ke tanah kelahirannya untuk bertemu dengan kedua orang tuanya setalah cukup lama ditinggalkannya menuntut ilmu di negeri Makkah.
Keinginan Habib Ahmad mengunjungi Indonesia tidak dapat ditunda tunda lagi, meski sanak kerabat sangat keberatan, toh tak menyurutkan langkah untuk mengunjungi saudara-saudaranya yang tinggal di Indonesia, terutama Pekalongan. Maka berangkatlah Habib Ahmad menuju Indonesia dengan tujuan utama Pekalongan. Melihat keadaan Pekalongan yang menurutnya masih membutuhkan dukungan penyiaran agama Islam, maka tergeraklah hati beliau untuk menetap di Pekalongan.
Sejak itu, Habib Ahmad di Pekalongan melaksanakan tugas sebagai imam rawatib di Masjid Wakaf yang terletak di sebuah jalan yang kini disebut Jalan Surabaya. Berkat ketekunan dan ketelatenan beliau, lambat laun jama’ah masjid makin ramai yang mengikuti jama’ah sholat, sehingga tergerak hati beliau untuk mengajarkan berbagai disiplin ilmu yang dimilikinya, antara lain membaca Al Qur’an, barzanji, wirid hingga hizib di waktu-waktu tertentu, sehingga semakin marak jama’ah Masjid Wakaf sejak kehadiran Habib Ahmad.

Ilmu Habib Ahmad memang sangat luas, namun ilmu itu bukan sekedar dikuasai dan tidak diamalkan. Selain diamalkan, Habib Ahmad tidak pernah menyombongkan ilmunya, melainkan selalu tampil dengan rendah hati, suka bergaul, jujur, sabar, istiqomah dan disiplin dalam menjalankan agama.

Dalam amaliyah keseharian, sebagaimana yang ditulis dalam kitab “Taj Al-A’ras” karangan Habib Ali Bin Husein Alatas diceritakan, Habib Ahmad tidak pernah meninggalkan sholat tahajud setiap harinya dan didalamnya selalu membaca satu juz Al Qur’an dan satu juz lagi dibaca saat sholat dhuha. Membaca ratib yang disusun Habib Umar Bin Abdurrahman Alatas dan membaca wirid karangan habib Abdullah Al Haddad adalah pekerjaan setiap pagi dan sore Habib Ahmad.
Ketekunan beliau dalam menjalankan ibadah, keikhlasan dan kasih sayangnya kepada mereka yang lemah serta ketegasannya dalam menjalankan amar ma’ruf nahi munkar telah membuat habib menjadi idola masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.

Diakhir hayatnya, Habib Ahmad mengalami patah tulang pada pangkal pahanya akibat jatuh. Penderitaan ini berlanjut hingga wafatnya pada malam Ahad 24 Rajab 1347 Hijriyah atau tahun 1928 dalam usia 92 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman umum Sapuro Kota Pekalongan.
Namun peringatan haul wafatnya diselenggarakan setiap tanggal 14 Sya’ban yang dihadiri ribuan umat Islam, bahkan tidak jarang tamu dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Timur Tengah juga menyempatkan hadir setiap haul digelar. Meski secara fisik Habib Ahmad telah tiada, namun ajaran dan tauladan beliau terus diamalkan oleh ummat Islam hingga sepanjang zaman. Semoga kita mampu menauladani perilaku dan ajaran-ajarannya, khususnya dalam penegakkan ajaran syari’at Islam.

Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas

Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alatas dilahirkan di kota Hajeriem, Hadramaut, pada tahun 1255 H. Pada masa kecilnya, beliau mendapat didikan langsung dari ayah beliau Al-Habib Abdullah bin Thalib Alatas. Setelah dirasakan cukup menimba ilmu dari ayahnya, beliau kemudian meneruskan menuntut ilmu kepada para ulama besar yang ada di Hadramaut. Diantara para guru beliau adalah :

· Al-Habib Hasan bin Ali Alkaff

· Al-Habib Al-Qutub Sholeh bin Abdullah Alatas

· Al-Habib Al-Qutub Abubakar bin Abdullah Alatas

· Al-Habib Al-Qutub Thahir bin Umar Alhaddad

· Al-Habib Al-Qutub Idrus bin Umar Alhabsyi

· Al-Habib Ahmad bin Hasan bin Sholeh Al-Bahar

· Al-Habib Muhammad bin Ibrahim Balfagih

Setelah ditempa oleh para ulama besar bahkan para Qutub yang ada di Hadramaut saat itu, keinginan beliau untuk menuntut ilmu seakan tak pernah luntur dan pupus. Hasrat beliau untuk menambah ilmu sedemikian hebat, sehingga untuk itu beliau kemudian melakukan perjalanan ke kota Makkah. Beliau banyak menjumpai ulama-ulama besar yang tinggal di kota Makkah saat itu. Kesempatan baik ini tak beliau sia-siakan. Beliau berguru kepada mereka. Diantara ulama-ulama besar yang menjadi guru beliau disana adalah :

· As-Sayyid Al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan (Mufti Makkah saat itu)

· Al-Habib Abdullah bin Muhammad Alhabsyi

· Asy-Syaikh Muhammad bin Said Babsail

· Al-Habib Salim bin Ahmad Alatas

Beliau Al-Habib Ahmad dengan giat dan tekun mengambil ilmu dari mereka. Sehingga tak terasa sudah 12 tahun beliau jalani untuk menimba ilmu disana. Beliau terus mengembangkan keilmuannya, sehingga kapasitas beliau sebagai seorang ulama diakui oleh para ulama kota Makkah saat itu.

Beliau kemudian dianjurkan oleh guru beliau, As-Sayyid Al-Allamah Ahmad bin Zaini Dahlan, untuk memulai terjun ke masyarakat, mengajarkan ilmu dan berdakwah. Mula-mula beliau berdakwah di pinggiran kota Makkah. Beliau tinggal disana selama 7 tahun. Dalam kurun waktu itu, kegiatan dakwah selalu aktif beliau lakukan disana.

Kemudian beliau berkeinginan untuk melanjutkan perjalanan dakwah beliau ke Indonesia. Beliau sampai disini diperkirakan sekitar tahun 1295-1300 H. Setibanya beliau di Indonesia, beliau menuju ke kota Pekalongan dan menetap disana.

Di kota Pekalongan beliau selalu aktif meneruskan kegiatan-kegiatan dakwahnya. Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua fikrah beliau semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. Waktu beliau selalu terisi dengan dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan rajin membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Selain itu, ilmu beliau selalu tampak bercahaya, terpancar melalui akhlak beliau yang mulia. Beliau selalu berperilaku baik, penyayang dan lemah lembut terhadap sesama.

Akan tetapi itupun tidak meniadakan sikap beliau yang selalu ber-nahi mungkar. Jika beliau melihat seseorang yang melakukan suatu kemungkaran, beliau tidak segan-segan untuk menegurnya. Perkataan-perkataan yang keluar dari mulut beliau, selalu beliau ucapkan dengan shidq. Beliau tidak perduli terhadap siapapun jika ada hak-hak Allah yang dilanggar di hadapan beliau. Sehingga berkat beliau, izzul Islam wal Muslimin tampak terang benderang, menyinari kota Pekalongan.

Disamping itu, dari sebagian jasa-jasa baik beliau, beliau membangun beberapa masjid dan madrasah Salafiyah, yang berjalan pada thariqah para salaf beliau yang shaleh. Rumah beliau selalu penuh dengan tamu dan beliau sambut dengan ramah-tamah. Inilah akhlak beliau yang mensuri-tauladani akhlak dan perilaku datuk-datuk beliau.

Sampai akhirnya beliau dipangil ke hadratillah, pergi menuju keridhaan Allah. Beliau wafat pada tanggal 24 Rajab 1347 H di kota Pekalongan dan dimakamkan disana. Masyarakat berbondong-bondong mengiringi kepergian beliau menghadap Allah. Derai keharuan sangat terasa, membawa suasana syahdu…

Selang setahun kepergian beliau, untuk menghidupkan kembali kesuri-tauladan dan mengenang jasa-jasa baik beliau, setiap tahun di kota tersebut diadakan Haul beliau. Haul tersebut banyak dihadiri oleh berbagai kalangan umat Islam. Mereka berduyun-duyun dari berbagai kota hadir disana, demi mengenang kehidupan beliau…demi menjemput datangnya nafaahat dan imdaadat.
http://blog.its.ac.id/syafii/2010/08/23/manaqib-habib-ahmad-bin-abdullah-bin-thalib-alatas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar